Duta Lampung Barat

PemerintahKabupaten Lampung Barat Mengirimkan tujuh orang anak untuk mengikuti Forum Anak Daerah Provinsi Lampung Tahun 2011, Kegiatan dilaksanakan tanggal 19 Mei sampai dengan 21 Mei 2011. Tujuh orang tersebut Yaitu : Ahmad Susantri, Rhidho Agung Bharwantona, Tubagus Ernanda, Izzatunnisa, Atik Musdhalifah,Ela Putri Karina, Nur Khoiriyah, yang berasal dari SMAN I Liwa, dan dua orang pendamping yaitu Dewi Oktaria S.IP, Kasubbid Perlindungan Anak Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Nafsiah ,S.Pd Guru SMAN I Liwa.Kepada Mahameru FM Liwa, Dewi Oktaria mengatakan Kegiatan bertempat di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar ,Jalan Cut mutia Teluk Betung Bandar Lampung . Penyelenggara kegiatan Biro Pemberdayaan Perempuan Provinsi Lampung bekerjasama dengan Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Lampung. Tema Kegiatan MELALUI FORUM ANAK KAMI ANAK INDONESIA BELAJAR UNTUK MASA DEPAN.

Forum Anak Daerah merupakan wadah partisipasi anak dari seluruh Kabupaten / kota seprovinsi Lampung tiap Kabupaten / kota mengirim 7 orang peserta untuk mengikuti pemilihan Duta Anak untuk mewakili provinsi Lampung Ke forum Anak Nasional  Tahun 2011. Disini semua anak punya kesempatan yang sama untuk berpartisipasi menyumbangkan hasil pemikiran mereka untuk menyampaikan hak – hak yang harus diterima anak , terutama 4 hak dasar anak yaitu hak hidup, tumbuh kembang , perlindungan dan partisipasi.
Sebelum pemilihan Duta Anak , mereka diberikan materi oleh Nara Sumber dari Polda Lampung , Dinas Sosial , Kantor kementrian Agama , Biro Pemberdayaan Perempuan , dan Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Lampung , kemudian diberikan kesempatan Tanya jawab, dan mempresentasikan serta merumuskan rekomendasi suara  anak Lampung. Dalam pemilihan duta Anak tersebut yang menjadi tim penilai/ fasilitator adalah anak-anak yang tergabung dalam pengurus forum anakProvinsi Lampung , yang pernah menjadi Duta Anak pada tahun sebelummya, antara lain Bella pernah jadi Duta anak ke Ciangmay Thailan , Nanda ke Denhag Belanda menjadi Duta anak Internasional dan beberapa duta anakl ainya . Mereka memilih Duta anak mewakili provinsi Lampung , menurut kacamata Anak Layak mewakili Provinsi Lampung tidak boleh ada intervensi dari orang dewasa, orang tua, pemerintahdan Lembaga Perlindungan Anak ( LPA ) hanya “memfasilitasi “ dan dalam membuat rekomendasi suara anak Lampung,ungkap Ketua Lembaga Perlindungan AnakProvinsi Lampung, Budiono. Dari Duta Anak terpilih 2 ( Dua ) orang berasal dari Lampung Barat yaitu AHMAD SUSANTRI dan RIDHO AGUNG BHARWANTONA, Keduanya lolos dalam Kelompok Anak Usia 16Tahun, yang nantinya akan mengikuti Forum Anak Nasionaldi Solo Jawa Tengah dan Konggres anak Nasional di Bandung, Jawa Barat pada Bulan Juli 2011 bersama Duta terpilih lainnya.
Kegiatan Forum Anak Daerah Provinsi Lampung  sanggat bermanfaat bagi anak-anak Kabupaten / kota se Provinsi Lampung , Selain menambah wawasan tentang hak – hak anak juga memberikan anak kesempatan berpartisipasi dalam Pembangunan dan meningkatkan rasa percaya diri mereka . Kedepan Kabupaten Lampung Barat akan membentuk Forum Anak Lampung Barat, sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Barat, demikian dikatakan Bernaria,S.Sos,MM Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Barat mendampingi Kepala Badan KB dan PP Drs, Darul Choteni, MM.      (foto Duta Suhanda, Mahameru FM ,Liwa, Lampung Barat )

Leave a Reply

Required fields are marked*