Membangun Rasa Nasionalisme Sejak Usia Dini

10:28, 13/06/2011

pemenang lombaPEMENANG: Kasi PAUD Dinas Dikpora Deli Serdang Dwi Indrawati SP MPd berfoto bersama para pemenang lomba dan panitia usai penyerahan hadiah, Kamis (2/6) lalu.//istimewa

Gebyar Anak Cinta Negeri Berlangsung Meriah

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Madani Indonesia dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi (PKBM) Amanah bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Linmas Sumut menggelar Gebyar Anak Cinta Negeri di Lapangan Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, 31 Mei hingga 2 Juni 2011 lalu.

Kegiatan yang mengangkat tema “Membangun Karakter ke-Indonesiaan, Berbangga Pada Negeri Sendiri” ini diikuti lebih dari 500 anak-anak dari berbagai lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya lomba mewarnai negeriku, bercerita dengan tema “Aku Cinta Indonesia”, lomba drama kisah pahlawan, cerdas cermat kebangsaan, bazaar dan sebagainya.

Ketua Panitia, Era Ferina Zahara menjelaskan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun karakter kebangsaan dan cinta negeri sejak usia dini. Kegiatan juga dikemas secara edukatif dan menyenangkan sesuai dengan psikologi anak.

Misalnya kegiatan cerdas cermat kebangsaan yang dilakukan melalui berbagai game, seperti mencari gambar pahlawan, gambar bendera Indonesia ataupun menyusun potongan kertas membentuk peta Indonesia. Untuk lomba mewarnai, anak-anak diminta mewarnai gambar pahlawan nasional Bung Karno dan Bung Hatta yang sedang memandang bendera merah putih.

Acara ditutup secara resmi oleh Kasi PAUD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deli Serdang, Dwi Indrawati SP MPd didampingi Camat Percut Sei Tuan, Darwin Zein SSos,  Ketua Forum PKBM Sumut Drs H Ali Ishak Dalimunthe, Ketua PKBM Generasi Amanah Indra Prawira ST dan unsur Panitia.

Juara Umum kegiatan ini dimenangkan oleh PAUD Surya Kecamatan Percut Sei Tuan yang mendapatkan penghargaan terbanyak. Sementara untuk kategori Peserta Favorit adalah PAUD Fiyaumi. Pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa tropi, bingkisan, piagam dan uang pembinaan.(*/ade)

http://www.hariansumutpos.com

Comments

  1. Selalu berkata jujur dan panantg menyerah, walaupun sering melakukan kesalahan tapi tak pernah malu untuk meminta maaf dan terus berusaha untuk bisa menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Required fields are marked*