Forum Anak Daerah JOGJA Beraksi

Jogja (Yogyakarta, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Sleman) Juni 2011

Forum Anak Daerah Jogja (FADIY), di bulan Mei sampai dengan Juni 2011 ini berusaha untuk bangkit lagi, dengan serangkaian kegiatan yang bertemakan "Hamemayu Hayuning Lare Ngayogyakarta", yang berarti Anak Jogja yang senantiasa menjaga keharmonisan, yang diwujudkan dalam perjuangan bagi anak-anak di sekitarnya.

Rangkaian event itu secara simultan dan terstruktur dipersiapkan oleh anak-anak sendiri, yang ke depan akan dijadikan event tahunan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional.

Rangkaian Acara :

1. Kongres Anak di tingkat Kabupaten/Kota

Sebagai pembuka, setiap Forum Anak Kabupaten/Kota menyelenggarakan Kongres, yang diikuti oleh anak-anak dari berbagai komunitas dan latar belakang. Setiap FA kemudian memilih 10 duta yang akan ikut ke tingkat provinsi, dan juga menyusun rekomendasi dan pemetaan masalah. Kongres-kongres tersebut telah terlaksana dengan baik di 4 kabupaten dan 1 kotamadya.

2. Pemetaan Masalah

Pada fase ini, duta anak yang terpilih melakukan diskusi dan breakdown permasalahan anak di tiap-tiap wilayah. Metodologi diserahkan kepada masing-masing pengurus FA, sehingga mereka bisa mengembangkan sendiri kreatifitasnya. Kegiatan ini masih di level Kabupaten/Kota, dengan arahan dan bimbingan pengurus FADIY.

3. Aksi Publikasi

Nah, dalam aksi ini, masih di level wilayah, FA dan duta anak terpilih melakukan aksi untuk mempublikasikan event anak Jogja. Berbagai cara dilakukan, mulai dari Aksi pembagian leaflet, publikasi lewat facebook, dan media lain. Dari kegiatan ini, anak-anak bisa mengembangkan jaringan dan juga belajar mengadvokasi diri mereka sendiri.

4. Audiensi dengan DPRD tingkat Kabupaten Kota

Ini dia, fase yang cukup menegangkan dan juga dinanti-nanti. Setiap FA melakukan audiensi dengan Komisi-Komisi yang membidangi permasalahan anak. Kendala dalam fase ini, tidak semua FA bisa memperoleh waktu yang pas dalam melakukan audiensi. Yah, karena harus menyesuaikan dengan jadwal wakil rakyat. Dalam audiensi itu, anak-anak unjuk gigi, mempresentasikan apa yang menjadi misi setiap FA. Diharapkan masing-masing DPRD membuka kepdulian bagi pergerakan Forum Anak.

5. Temu Hati Anak Jogja

Di sinilah, kelima puluh anak terpilih itu akhirnya bertatap muka di level provinsi. Nah, berhubung kegiatan ini masih berlangsung (dari tanggal 23-24 Juni 2011), kita sambung lagi di postingan selanjutnya ya. Oh ya, sebagai "GONG" dari acara, puncak event adalah Sidang Anak Jogja. Tunggu aja liputannya, yang akan dilaksanakan pada 26 Juni 2011.

(bersambung)

Comments

  1. kerennn .. tetep semangat yahh ..

  2. moga jadi bibit inspirasi yang terus dipupuk

Leave a Reply

Required fields are marked*