SIDANG PARIPURNA ANAK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;}

HASIL SIDANG PARIPURNA ANAK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

26 Juni 2011

 PARIPURNA ANAK DIY I 2011

Komisi Kesehatan

  1. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY lebih memperhatikan kesehatan anak dan keluargannya (terutama yang kurang mampu dalam segi finansial) di DIY karena dengan terjaminnya kesehatan, hidup menjadi berkualitas.
  2. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY membangun tempat pembuangan akhir yang layak dan menitikberatkan pada pengelolaan sampah.
  3. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY membuat program bebas kendaraan pribadi berbahan bakar minyak di tempat atau jalan yang berpotensi kemacetan.
  4. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY lebih mensosialisasikan mengenai Bank sampah.
  5. Kami anak DIY menginginkan Badan Lingkungan Hidup lebih gencar dalam merealisasikan wawasan  lingkungan hidup kepada seluruh aspek masyarakat.
  6. Kami anak DIY menginginkan realisasi di setiap sekolah, area umum dan di area yang biasa dijangkau anak di DIY harus bebas asap rokok dan NAPZA.
  7. Kami anak DIY menginginkan adanya tindakan realisasi cara hidup sehat agar terhindar dari penyakit menular seksual (PMS).

Komisi Pendidikan

  1. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY untuk membuat  kebijakan subsidi silang di semua sekolah di DIY.
  2. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY meningkatan kualitas pendidikan karakter kepada seluruh guru, tenaga pendidik dan penguatan kurikulum pendidikan karakter dan budaya pada seluruh siswa.
  3. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY menghilangkan seluruh tindakan bulliying untuk anak di DIY, dengan cara sosialisasi, sharing dengan guru BK, dan konselor sebaya.
  4. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY mengadakan pedidikan berbasis religi dan meningkatkan perlengkapan, sarana dan prasarana religi di sekolah di DIY.
  5. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY membangun sanggar resmi dari pemerintah yang berbasis minat, bakat dan moral.
  6. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY  melakukan pembatasan akses untuk anak anak pada situs negative yang tidak layak untuk dikonsumsi anak.

 

Komisi Perlindungan

  1. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY memberi perhatian dan perlindungan khusus pada anak anak serta merealisasikan budaya nondiskriminasi terutama di sekolah.
  2. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY memberi rumah singgah untuk teman2 kita yang berkebutuhan khusus di bidang finansial dan mental atau berkelakuan menyimpang dan memberikan bimbingan kepada teman teman kita supaya menjadi anak yang berguna.
  3. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY mengajak semua elemen yang berhubungan dengan anak untuk ikut serta melindungi anak anak dari semua tindakan penyimpangan hak hak anak.
  4. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY memberikan tindakan hukum tegas pada para oknum yang memperlakukan anak dengan tidak semestinya.
  5. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY memberikan pendampingan terhadap anak yang berstatus sebagai tahanan Negara.

Komisi Partisipasi

  1. Kami anak DIY menginginkan adanya ruang untuk berpartisipasi aktif dalam lingkup keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah.
  2. Kami anak DIY ingin ikut serta dalam menentukan kebijakan sekolah yang berkaitan dengan siswa.
  3. Kami anak DIY ingin ikut berperan dalam penanganan anak bermasalah dan berkebutuhan khusus.
  4. Kami anak DIY ingin ikut berpartisipasi aktif dalam pengambilan kebijakan pemda yang berkaitan dengan anak.
  5. Kami anak DIY ingin pemerintah DIY menfasilitasi organisasi anak diaktifkan kembali dan meningkatkan kualitas bagi yang sudah aktif serta mensosialisasikan keberadaannya.
  6. Kami anak DIY ingin pemerintah berperan aktif dalam penanganan siswa bermasalah di sekolah.

Komisi Komunikasi dan Jaringan

  1. Kami anak DIY ingin agar Pemerintah DIY mempublikasikan dan menyadarkan kepada orang tua tentang pentingnya komunikasi tanpa membedakan status anak kandung maupun anak tiri.
  2. Kami anak DIY ingin Pemerintah DIY menyediakan media komunikasi untuk menampung aspirasi anak DIY.
  3. Kami anak DIY menginginkan pemerintah DIY untuk meregulasi jaringan internet ramah anak di semua lingkungan yang terjangkau oleh anak.
  4. Kami anak DIY ingin Pemerintah DIY memfasilitasi anak berkebutuhan khusus untuk berkomunikasi di masyarakat.
  5. Kami anak DIY ingin Pemerintah DIY memfasilitasi telepon umum di sekolah untuk mengurangi penggunaan telepon genggam pada anak-anak.
  6. Kami anak DIY ingin Pemerintah DIY melarang siswa membawa telepon genggam ke lingkungan sekolah.
  7. Kami anak DIY ingin Pemerintah DIY memudahkan anak berkomunikasi kepada orangtua yang bekerja di luar negeri dan pemerintah bekerjasama dengan negara terkait.
  8. Kami anak DIY ingin Pemerintah DIY mengoptimalkan pembangunan jaringan komunikasi pada segala aspek di daerah pelosok.

 

Yogyakarta, 26 Juni 2011

Wakil Komisi Pendidikan: Sendy Sapta Ramadhan

Wakil Komisi Kesehatan: Biyantara

Wakil Komisi Perlindungan: Hengki Raharjo

Wakil Komisi Partisipasi: Ika Septiana Cahyaningtyas

Wakil Komisi Komunikasi dan Jaringan: Nuraini Novita Sari

 

PIMPINAN SIDANG

         Ketua,                                                      Sekretaris,                                                   Anggota,

 

Zakia El Mu'ariffa                                           Trifany Mayka Ratri                                     M. Mirza Maulnana

Comments

  1. sejak tahun 2011 anak kami di bawa / dipengaruhi seorang yang berumur 47 ( Orang jakarta yang luntang luntung ) sehingga tidak sekolah dikabarkan sering di bawa ke yogyakarta. maka dari itu saya ingin melaporkan ke komisi perlindungan anak di yogya karta dan say memerlukan alamatnay dan telponya di yogya karta, klaten dan solo.
    atas perhatian dan responya terhadap masalah kami, kami mengucapkan Terima Kasih

Leave a Reply

Required fields are marked*