Wujud Penghargaan Pendapat Anak

Citizen Reporter
Implementasi Penghargaan Pendapat Anak
Oleh: Daniel (Staf Humas dan Protokoler Sanggau)

Kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Sanggau yang digelar di Hotel Meldi Sanggau, Selasa (24/4/2012)

Sebanyak 40 siswa perwakilan SMA/SMK/MAN dari 15 kecamataan di Sanggau mengikuti kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) yang dilaksanakan oleh Badan Perempuan, KB dan Perlindungan Anak Sanggau, Selasa (24/4/2012) di Hotel Meldi Sanggau. Selama tiga hari ini mereka akan memilih anak untuk mewakili Sanggau dalam FAD tingkat propinsi, dan selanjutnya di tingkat forum anak nasional (FAN).

Ketua Pelaksana FAD, dr Johan Soko mengatakan, FAD merupakan bentuk keterlibatan langsung penyampaian pendapat anak tanpa intervensi. Hal itu bertujuan mendiskusikan aturan-aturan dan perundang-undangan yang menyangkut perlindungan terhadap anak dan kewajiban anak serta mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan yang dihadapi oleh anak.

“FAD kita adakan dalam suasana yang menarik dan menyenangkan bagi anak dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip dasar konvensi hak-hak, yang meliputi non diskriminasi, mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak serta memberikan penghargaan terhadap pendapat anak,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum, Hadi Sudibjo menyampaikan FAD merupakan bentuk implementasi dari penghargaan pemerintah terhadap pendapat anak. Diharapkannya kegiatan ini mampu menciptakan generasi yang berkualitas dan dapat bersaing.

Selain itu, ini dikatakannya bentuk nyata upaya perlindungan terhadap anak dari segala tindak kekerasan dan eksploitasi. Sehingga diharapkannya, anak mampu menyampaikan permasalahan yang dihadapinya serta anak berpartisipasi dalam menentukan kebijakan yang menyangkut hak-haknya. Hak-hak itu termauk, hak hidup, hak tumbuh kembang, perlindungan dan partisifasi. (har/*)

Penulis : Haryanto
Editor : Bowo

Leave a Reply

Required fields are marked*