FAB DUKUNG PERWALI WAJAR MALAM

FA Balikpapan

Dukungan terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwali) Balikpapan soal penerapan jam wajib belajar (wajar) malam bagi pelajar Kota Minyak, kian banyak. Kali ini, dukungan disampaikan oleh Forum Anak Kota Balikpapan.

Ketua Forum Anak Balikpapan 2011-203, Pandu Dharma Wicaksono yang juga siswa SMA Negeri 1 Balikpapan mendukung penuh perwali tersebut. Menurutnya, penetapan jam belajar malam sangat bagus jika turut diterapkan di Kota Balikpapan. Mengingat beberapa kota lain yang ada di Indonesia dan dengan aturan ini, tanggung jawab pelajar di sekolah juga bisa berlanjut saat berada di rumah.

“Kami sangat mendukung, karena mengingat banyaknya pelajar yang melakukan kegiatan yang kurang terarah pada malam hari seperti ngebut-ngebutan, nongkrong, dan lainnya. Walau pun tidak sedikit juga pelajar yang mengisinya dengan kegiatan positif seperti belajar di rumah dan mengikuti bimbingan belajar,” ujar pendiri Green Generation Balikpapan tersebut.

Pandu yang juga Mantan Ketua Forum Anak Balikpapan mengatakan, dengan adanya perwali wajar malam ini sangat baik dan tidak bertentangan terhadap pemenuhan hak dan partisipasi anak. “Adanya wajar ini bukan berarti mengambil hak anak, namun justru menciptakan kondisi yang nyaman bagi anak bersama keluarga,” lanjut Pandu.

“Yang pasti, ketegasan dan pelaksanaan dari perwali inilah yang harus tegas dan penindakan kepada pelanggar juga tetap memperhatikan Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak,” tambahnya.

Dengan adanya Perwali ini pula dapat mendukung program Balikpapan sebagai Kota Layak Anak, dan dirinya yakin di tahun 2014 nanti Balikpapan bisa meraih predikat Menuju Kota Layak Anak kategori Madya.

“Oleh karenanya, kami dari Forum OSIS Balikpapan juga bersedia membantu jika diperlukan untuk mensosialisasikan apa itu wajar dan apa untungnya bagi para pelajar,”

Kiriman dari RIDO TRI PUTRA 13 tahun
FA Balikpapan

Leave a Reply

Required fields are marked*