FAB Kunjungi Kementerian PPPA

Upaya Tingkatkan Kualitas SDM

BALIKPAPAN- Sebagai salah satu upaya Pemkot Balikpapan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB), belasan pengurus Forum Anak Balikpapan (FAB) berkunjung ke Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta.

FA Balikpapan - KPP PA

Senin (16/12) kemarin, Kepala BPMPPKB Kota Balikpapan, Ir Sri Wahyuningsih yang mendampingi rombongan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Forum Anak Nasional. “Sebagai upaya untuk melakukan program capacity building atau penguatan kapasitas SDM kita,” ungkap Yuyun-sapaan akrab Sri Wahyuningsih.

Dalam kegiatan kemarin, berbagai materi dibahas. Seperti bagaimana para pengurus Forum Anak tersebut bisa lebih terarah dalam menjalankan peranannya. Khususnya dalam hal pendataan dan mengajak anak-anak muda khususnya pelajar agar lebih menghargai waktu dan mengoptimalkannya di hal-hal positif.

Sementara itu, Pandu Dharma, mantan Ketua FAB tahun 2012 yang juga ikut serta dalam kegiatan ini mengungkapkan jika Forum Anak memiliki peranan untuk memajukan pola pikir dan perilaku anak Balikpapan.

Ditambah dengan dukungan dari BPMPPKB. “Kami belajar banyak dari para pemateri. Kunjungan ini untuk saling bertukar pikiran dan meminta saran apa saja sih tantangan yang tengah dihadapi? Apalagi masing-masing daerah memiliki kendala yang berbeda-beda,” ujar Pandu yang juga siswa SMAN 1 Balikpapan.

Begitu pula dengan ulasan yang disampaikan oleh Forum Anak Nasional. Masing-masing memberikan materi juga berbagi inspirasi. “Dalam kegiatan ini, kami menambah wawasan juga teman. Banyak orang baru yang jadi inspirasi kami,” imbuh Nevanda, pengurus FAB yang masih berstatus sebagai pelajar di SMPN 1 Balikpapan ini.

Yuyun berharap dengan adanya kerja sama ini, di samping memberikan pemahaman terkait penguatan sumber daya manusia anak, juga mendukung upaya pemkot mewujudkan kota Balikpapan sebagai kota laik anak.

Leave a Reply

Required fields are marked*