Lokakarya Diseminasi dan Diskusi Publik RAN PA 2015-2019

 Lokakarya Diseminasi dan Diskusi Publik

Rencana Aksi Nasional Perlindungan Anak 2015-2019 (RAN PA 2015-2019) dan Strategi

Nasional Penghapusan Kekerasan terhadap Anak 2016-2020 (STRANAS PKTA 2016-2020)

Di Hotel Santika, Jakarta 17 Februari 2016

 IMG-20160220-WA0011

Assalamualaikum wr.wb.

Sesuai dengan kegiatan yang saya hadiri, kegiatan ini dikoordinasikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional(Kementerian PPN/Bappenas) bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan danPerlindungan Anak (KPP-PA), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KemenkoPMK) atas dukungan dari UNICEF Indonesia.

Kegiatan dimulai jam 09.00 di ballroom Batavia Hotel santika Jakarta. Dimana tamu undangan yang hadir tidak hanya dari kalangan pemerintahan dan forum anak, namun juga ada perwakilan dari kelompok peduli anak atau non pemerintah seperti, Wahana Visi Indonesia, Save the Children, Youth Network for Violence against Children, Yayasan Kerlip ,dll. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas dan sambutan dilanjutkan oleh Ibu Marta Santos Pais, Perwakilan Khusus Sekjen PBB untuk Kekerasan Anak, lalu berdiskusi bersama beliau mengenai solusi terhadap penanganan kekerasan terhadap anak. Dan Alhamdulilillah saya diberikan kesempatan untuk dapat bertanya mewakili anak-anak di Indonesia.

 

IMG-20160220-WA0016

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi mengenai Rencana Aksi Nasional –Perlindungan Anak 2015 –2019 (20’), Strategi Nasional Penghapusan Kekerasanterhadap Anak 2016 – 2020(20’) dan Urgensi perlindungan anak dalam pembangunan nasional, Prof. Irwanto (10’) yang disampaikan oleh Deputi PM2K Bappenas, Deputi Perlindungan Anak Kementerian PP&PA, Prof. Irwanto (Puskapa UI). Setelah makan siang acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok perwakilan remaja dan anak, lembaga dan masyarakat, kelompok pemberhati anak, pemerintah daerah dan pastinya pemerintah pusat. Selanjutnya hasil diskusi yang membicarakan mengenai kebutuhan, potensi dan aksi apa yang akan dilakukan dalam rangka pelaksanaan RAN PA( Rencana Aksi Nasional Perlindungan Anak) dan STRANAS PKTA( Strategi Nasional Perlindungan Kekerasan Terhadap Anak), dipresentasikan dalam pleno hasil diskusi tentang kelompok.

Setelah dipresentasikan oleh semua kelompok, sebelum penutupan acara, diadakan kesepakatan dalam memastikan cita cita ini dapat terwujud dalam lima tahun kedepan bagi pemangku hak hak anak, salah satunya seperti perlindungan anak mampu menjawab kebutuhan-kebutuhan spesifik anak sesuai dengan periode kritis, tingakat perkembangan dan khusus mereka, dll 😀 (dilampirkan). Dan acara ditutup pukul 4.30 oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas.

IMG-20160220-WA0015

Menurut saya acara ini sangat bagus karena dalam acara ini ada diskusi dengan semua kalangan pemerintah dan non pemerintah mengenai program yangh mendukung gerakan nasional tersebut. Dan saya merasa senang dapat diberi kepercayaan untuk menghadiri acara ini karena banyak hal yang bisa saya dapat dan Alhamdulillah juga saya dapat menyampaikan atau mempresentasikan hasil diskusi dalam sidang pleno.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

Penulis : Kak Tasripul Iman

 

Leave a Reply

Required fields are marked*