Forum Kordinasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran

Hai Anak Indonesia.

Tanggal 4 Maret 2016 Sekretariat Forum Anak dan pengurus forum anak nasional menghadiri kegiatan Forum Koordinasi Akta Kelahiran yang dilakukan di Hotel Alilla Jakarta. Kegiatan Ini bertujuan untuk mendorong peningkatan serta percepatan Akta Kelahiran bagi Anak Indonesia. Diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan Bidang Tumbuh kembang Anak, kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak diantaranya. Bappenas, Kementerian lembaga, perwakilan dari Catatan Sipil, Organisasi Masyarakat, Organisasi Perempuan, SKPD dan lainnya.

Kegiatan dimulai jam 10 pagi dengan acara pembukaan yaitu sambutan dari Deputi tumbuh Kembang Anak dilanjutkan dengan paparan tentang Peran Forum Anak dalam Percepatan Pemenuhan Hak Sipil Anak dari Asdep Informasi, Hak Sipil dan Partisipasi Anak.

Dalam paparanya, Pak Dermawan Menjelaskan tentang Hak Sipil dalam Kluster KHA dimana merupakan Kluster Hak Anak yang pertama kali di minta oleh Konvensi Hak Anak. Karena itulah Hak Sipil amatlah sangat penting sebelum hak anak yang lain. Hak Sipil diantaranya adalah Mendapatkan Nama dan Kebangsaan serta dicatat oleh negara.

Selain itu Peran Forum Anak juga sangatlah penting dalam proses percepatan Akta kelahiran bagi anak indonesia, karena Forum Anak mempunya 2 Peran yaitu Pelapor dan Pelopor. Pengurus Forum Anak Dapat menjadi Agent of Change diantara teman-teman sebayanya. Jika terdapat teman sebaya yang belum mendapatkan Akta Kelahiran maka Forum Anak dapat mensosialisasikan pentingnya Akta Kelahiran kemudian Forum Anak dapat mendata dan melaporkannya ke Pimpinan daerah untuk ditindaklanjuti agar mendapatkan Akta kelahiran. Untuk itu SKPD didaerah harus mendorong terbentuknya forum-forum anak disetiap tingkat administratif daerah sampai tingkat Kelurahan.

Selanjutnya paparan kedua yaitu dari Pak Suma, beliau menjelaskan tentang Hak Sipil dalam Konvensi Hak Anak serta Indonesia di tingkat dunia dalam hal ini Komite Hak Anak. Beliau Mengingatkan bahwa Komite Hak Anak akan kembali memanggil Indonesia untuk dimintai Laporan perihal pemenuhan hak anak di indonesia termasuk hak sipil yaitu Akta Kelahiran, selain itu beliua juga adalah salah satu tim penilai dari Kota Layak Anak (KLA) yang dari hasil penilaiannya di daerah-daerah untuk Hak Sipil atau Kepemilikan Akta Kelahiran masih sangat minim, untuk itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak termasuk dari masyarakat dan pemerintah.

Setelah paparan dari Pak Suma, Deputi Tumbuh kembang memberikan paparan tentang Proses Kordinasi yang dapat dilakukan terkait percepatan Akta Kelahiran yaitu mengacuh pada Nota Kesepahaman antara Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Sosial, Menteri Agama, dan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Dalam Rangka Perlindungan Anak. Karena didalam Nota Kesepahaman antar menteri tersebut telah dijelaskan peran apa-apa saja yang harus, hal ini dapat mempermudah dalam melakukan diskusi.

Untuk Paparan yang terakhir adalah mengenai “Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak” yang disampaikan oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil – Prof. Dr Zudan Arif Fakrulloh, Sh, Mh. Paparan beliau menjadi ditunggu-tunggu dan beliau menyempatkan untuk bisa hadir dalam forum kordinasi ini, karena menurut beliau forum kordinasi seperti ini sangatlah penting untuk mendorong percepatan Akta kelahiran bagi Anak Indonesia.

Dalam Paparannya tentang Kartu Identitas Anak (KIA), Beliau menjelaskan langkah pemerintah pusat dalam menerbitkan KAI dimana sebelumnya sudah dilakukan terlebih dahulu oleh kepala daerah di setiap daerah-daerah dengan nama yang berbeda-beda, misalnya di Yogjakarta, Depok dan daerah lainnya, namun KIA di daerah hanya berlaku di daerah lokal saja, untuk itu pemerintah pusat melakukan riset tentang KAI, hasilnya di negara-negara maju dan berkembangpun menerbitkan kartu identitas anak, KIA nantinya bisa berikan manfaat-manfaaat didalamnya dimana untuk memberikan kemudahan bagi anak indonesia.

KAI juga nantinya akan membantu mendorong Percepatan Akta kelahiran, pada saat proses pembuatan KIA maka anak yang belum mendapat Akta Kelahiran akan mendapatkan nya juga, jadi buat KIA dapat Akta Kelahiran, begitu juga sebaliknya untuk anak yang baru lahir akan mendapatkan Akta kelahiran dan KIA.

Umur yang mendapatkan KIA yaitu 0 – 5tahun dan +5tahun – 17tahun dengan perbedaan adanya Foto dalam KIA. Desain KIA menggunakan Warna Merah sedangkan tampilan mirip seperti KTP orang dewasa.

Program ini sangat bermanfaat bagi Anak Indonesia, karena bisa menjadi Identitas Anak kemanapun anak pergi, berbeda dengan Akta Kelahiran yang memiliki Ukuran A4+ yang terlalu besar untuk digunakan sehari-hari, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, orang dewasa dapat membantu dengan melihat informasi yang ada didalam KIA.

Sekretariat Forum Anak mewakili Anak-anak Indonesia pun memberikan Usulan agar Penggunaan KIA ini dapat disatukan manfaat dengan Kartu Identitas Sekolah, kartu indonesia sehat dsb agar tidak kebanyakan kartu yang harus dibawa oleh anak.

Dilanjutkan materi yang kedua yaitu tentang Akta Kelahiran, pada proses nya pembuatan Akta kelahiran masih dinilai sangat sulit baik karena birokrasi ataupun hal-hal lain, dalam hal ini pemerintah telah melakukan perubahan atas persyaratan mendapatkan Akta Kelahiran guna memberikan kemudahan bagi anak-anak mendapatkan Akta kelahiran tanpa adanya diskriminasi. Misalnya untuk anak-anak yang tidak memiliki orang tua dsb.

Setelah paparan maka kegiatanpun selesai, diharapkan dalam kegiatan forum kordinasi ini para pihak dapat melakukan aksi bersama untuk mendorong percepataan Akta kelahiran, dan akan dilakukan secara berkelanjutan forum kordinasi ini.

Nah itu dia laporan kegiatan yang bisa kami sampaikan,

semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada kekurangan, akhir kata dari kami terima kasih.

Salam Anak Indonesia.

Suria, Intan Putriani, Rizal (Pengurus Forum Anak Nasional)

Materi Kegiatan 
Peran Forum Anak dalam Kluster KHA Hak Sipil dan Kebebasan : Download disini
STRATEGI PENINGKATAN KEPEMILIKAN AKTA PENCATATAN SIPIL : Download Disini
Komite KHA : Download disini
Kartu Identitas Anak dalam Implementasi Perolehan Akta Kelahiran dalm rangka Perlindungan : Download Disini

Forum Kordinasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran

Leave a Reply

Required fields are marked*