Pembentukan Forum Anak Aceh Selatan

Aceh Selatan – Kota Tapaktuan, Lantai II Aula Perpustakaan Daerah Kabupaten Aceh Selatan menjadi saksi terbentuk nya Forum Anak Aceh Selatan. Sabtu/ 27 Februari 2016, pagi jam dinding Aula Perpustakaan menunjukkan angka 08.00, acara seremonial pembukaan Pengembangan dan Pembentukan Forum Anak Aceh Selatan di mulai dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana yang langsung di sampaikan oleh Kabid. Perlindungan Anak – Badan Kesejahteraan Keluarga, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKKP3A) Kabupaten Aceh Selatan. Dalam laporan ketua panitia pelaksana terungkap ada 80 Anak yang di undang dari perwakilan seluruh kecamatan di kabupaten Aceh Selatan dan masing-masing kecamatan diwakili oleh 3 Anak. Secara umum, peserta kebanyakan berusia 15 – 17 tahun dan masih berstatus pelajar SMA.

Usai melaporkan kegiatan tersebut, ketua panitia pelaksana juga meminta Kepala BKKP3A Aceh Selatan Drs. Husni Yakop untuk menyampaikan kata-kata sambutannya beserta membuka kegiatan. Maksud dan tujuan kegiatan pengembangan dan pembentukan forum anak ini adalah untuk menjalankan amanat UU No. 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, terkait dengan mewujudkan partisipasi Anak dalam Pembangunan, memperkenalkan kelembagaan Forum Anak sebagai wadah partisipasi anak dalam mempromosikan Hak Anak dan Perlindungan Anak, meningkatkan partisipasi anak untuk memahami Konvensi Hak Anak, serta Undang-Undang Perlindungan Anak, memberikan ruang sosialisasi dan partisipasi anak untuk membentuk Forum Anak Daerah di tingkat Kecamatan dan Kabupaten Aceh Selatan,” Jelas Husni Yakop dalam kata sambutannya yang juga Ketua P2TP2A Aceh Selatan.

Kegiatan tersebut di fasilitasi oleh Fasilitator Forum Anak Aceh. acara tersebut di awali dengan acara pembukaan, orientasi kegiatan, paparan materi, dan dilanjutkan dengan workshop pembentukan kelembagaan Forum Anak Daerah dan kemudian pemilihan formatur serta pengurus Forum Anak Kecamatan dan Kabupaten Aceh Selatan “, Ungkap Taufik Riswan Pemerhati Anak Aceh.

“Ada beberapa materi yang akan kita ajarkan dalam kegiatan ini diantaranya memperkenalkan pengertian Anak, konsep tumbuh kembang anak, hak-hak anak, tanggungjawab (kewajiban) anak dalam lingkungan sosial, prinsip hak anak dan model partisipasi anak, metode cerdas tangkas, metode brainstorming, roleplay, tebak tubuh sosial, game kartu hak anak, terakhir pemilihan formatur Forum Anak Aceh Selatan”, Jelas Fasilitator Anak Aceh tersebut.

Taufik Riswan juga mendampingi dan mengajari pengurus Forum Anak Aceh Selatan dalam membuat rekomendasi dan rencana tindak lanjut.

“Di akhir kegiatan ini kita bersama pengurus Forum Anak Aceh Selatan, juga melahirkan beberapa rekomendasi dan rencana tindak lanjut seperti, sosialisasi kelembagaan forum anak kecamatan dan kebupaten ke stakeholder terkait termasuk kelompok anak diwilayah nya masing-masing, menetapkan kepengurusan forum anak dalam Surat Keputusan Bupati Aceh Selatan yang di fasilitasi oleh BKKP3A Aceh Selatan, pertemuan regular dan penyusunan program kerja forum anak dengan masa bakti 1 tahun, membuat mailist atau group komunikasi antar anggota forum anak melalui facebook, twitter, WhatsApp dan lain-lain”, Kata Taufik Riswan yang juga Koordinator Yayasan Pulih Aceh.

Taufik Riswan juga berharap dengan adanya Forum Anak Aceh Selatan ini bisa menjadi pusat peningkatan kapasitas kelompok dengan pelatihan KHA dan UU Perlindungan Anak, Forum Anak ini kita juga berharap bisa ikut dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Daerah atau Provinsi, serta lembaga lainnya dalam promosi hak anak dan perlindungan anak, menjadi delegasi utusan forum anak untuk mengikuti forum anak baik di tingkat provinsi maupun nasional dan bahkan international “,Tutup Sekjend Koordinator Koalisi Advokasi dan Pemantauan Hak Anak (KAPHA) Aceh.

Penyelenggara, Badan Kesejahteraan Keluarga, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKKP3A) Kabupaten Aceh Selatan.

Laporan dari,
Kota Tapaktuan – Aceh Selatan, 14 Maret 2016

SUDARLIADI ALISYAHIDAR
Pemerhati Anak dan Kadev. Partisipasi dan Pengorganisasian Kelompok Anak,
Di Koalisi Advokasi dan Pemantauan Hak Anak (KAPHA)
Mobile – 0853 7033 4010
Email – sudarliadi.aceh@gmail.com

 

Leave a Reply

Required fields are marked*