Alstass – Laporan FAN dan HAN 2016

Hari Anak Nasional 2016

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Hallo teman-teman semua, perkenalkan nama saya Muhammad Alstassyura Wiranatagama Aryanto tapi sering di panggil Alstass, rumah saya di Sumedang, Jawa Barat. Oh iya teman-teman saya termasuk kedalam 37 Duta Anak Jawa Barat 2016, alhamdulillah tanggal 19-23 Juli 2016 kemarin saya dan teman Duta Anak lainnya telah mengikuti pertemuan Forum Anak Nasional (FAN) dan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Mataram, nah disini saya akan berbagi pengalaman tentang acara FAN dan HAN, tapi sebelumnya kalian sudah tau belum Forum Anak Nasional itu apa, Forum Anak Nasional itu adalah organisasi anak yang dibina oleh pemerintah untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Forum anak dapat juga diartikan sebagai pertemuan anak-anak dari berbagai kelompok untuk membicarakan sesuatu hal.

Nah sekarang sudah tau kan Forum Anak Nasional itu apa.
Sebelum saya menceritakan tentang acara FAN kemarin di Mataram ada cerita yang temen-temen harus ketahui nih, sebelum pemberangkatan ke Mataram saya beserta teman dari Duta Anak Jawa Barat lainnya diberi pembekalan materi dan persiapan untuk acara FAN 2016 nanti, terus tidak kalah menarik juga teman-teman kami beserta anak-anak seluruh Jawa Barat membacakan IKRAR JABAR TOLAK KEKERASAN yang dibacakan didepan Gubernur Jawa Barat pada Senin pagi didepan Gedung Sate. setelah pembacaan Ikrar, malam haripun tiba dan kami langsung pergi menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk langsung terbang menuju Matram.

Tanggal 19 Juli 2016,
Pada hari pertama kita mendarat di Bandara Internasional Lombok kami langsung di sambut oleh tiga orang Liaison Officer (LO) tapi tidak hanya di Bandara saja kami disambut , penyambutan itu berlanjut didepan ballroom saat kami akan Registrasi Peserta oleh kaka dari LO, setelah kami selesai Registasi kami diberi satu buah tas yang salah satunya berisi Jaket Fan dan kartu peserta yang diwajibkan untuk di pakai selama kegiatan berlangsung.

Perjalanan di hari itu belum selesai teman-teman, setelah menunaikan ibadah sholat dan sebentar istirahat di kamar hotel pada jam 19.00 WITA kami langsung menuju pendopo Wali Kota dalam kegiatan Wellcome Dinner bersama Wali Kota Mataram dan Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementrian PP dan PA , disana kami disuguhkan Begibung yang berisi makanan khas Mataram, pada saat makan malam itu kami diharuskan untuk berbaur dengan teman-teman Forum Anak dari seluruh Indonesia. Setelah Wellcome Dinner selesai, dari pendopo Wali Kota kami langsung kembali menuju hotel untuk isirahat dan menyiapkan untuk hari selanjutnya.

Rabu 20 Juli 2016
Teman-teman dihari ini kami ada acara yang seru nih!! Acaranya itu adalah Kirab Budaya, disana kami bisa lebih mengetahui budaya dari seluruh Indonesia, pada pembukaan dan persiapan kirab budaya kami menyambut kedatangan Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementrian PP dan PA beserta jajaran pemerintahan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan di akhir setelah FAN 2016 resmi dibuka dengan penyematan simbolis Peserta FAN 2016 di lanjut dengan pawai parade budaya yang dilepas oleh Wakil Walikota Mataram. Robongan dari tiap provinsi dimulai dari provinsi paling timur Indonesia hingga provinsi paling barat berkesempatan menunjukkan atraksi seni didepan jajaran pemerintahan, kemudian berjalan kaki menyusuri jalan hingga menuju tempat pelaksanaan FAN 2016 di Hotel Lombok Raya Mataram. Setelah kirab budaya selesai dan istrirahat sejenak di hotel acarapun dilanjut dengan pemaparan materi dari Deputi tumbuh kembang yang bertema “Pemenuhan hak tumbuh kembang anak” , dari Deputi perlindungan anak yang bertema “Pencegahan kekerasan terhadap anak” dan yang terakhir dari Kak Seto yang membicarakan tentang berani bermimpi untuk masa depan. Setalah pemaparan materi tadi, kami kembali ke kamar hotel untuk beristirahat sejenak dan melakukan ibadah sholat, setelah itu kami semua kembali ke ballroom untuk melanjukan rangkaian acara yang membahas tentang Frame Convention of Tobacco Control (FCTC) dilanjut materi dari yayasan Indonesia berhati yang membahas tentag karekter yang baik itu seperti apa, dan yang terakhir ada laporan dari pengurus FAN dan Duta Anak 2015. Nah itulah acaara yang kami lakukan di hari kedua di mataram..

Kamis 21 Juli 2016
Dihari ini jadwal sangat padat teman-teman dimulai pagi hari setelah sholat subuh kami langsung menuju lapangan untuk olah raga pagi bersama, setelah badan mulai lelah kami pun langsung menuju tempat makan dengan terburu buru seperti yang kelaparan hehehe… makan pun selesai kami menuju kamar masing masing untuk membersihkan badan dan berisap melanjutkan acara. Setelah semua peserta memasuki ballroom acara pun di mulai dengan matari tentang Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor, dilanjut materi yang bersifat membangun karakter bangsa di Era Science dan Technology yang diberikan oleh bareskrim POLRI, BNN, KOMINFO dan IBM. Tunggu teman-teman jika kalin tadi membaca dari atas pasti kalian pada heran ya.. kenapa banyak sekali materi apakah kita tidak bosan. Tidak teman-teman kami tidak pernah merasa bosan karena materi yang disuguhkan semenarik mungkin dan untuk menghilangkan kebosanan setelah selesai materi kami selalu menyanyian yel-yel yang dipimpin oleh kaka LO atau yel-yel dari setiap provinsi. Nahh kita lanjut lagi yaa, setelah itu ada materi lagi nih dari statusfan.com dan dari ka Johanna Ernawati yang membahas tentang internet sahabat anak dan rahasia menulis seru dan perlu. Dihari ini ditutup dengan analisis situasi anak Indonesia yang di bahas dan didiskusikan oleh tiap-tiap provinsi yang nantinya akan ada pemetaan situasi melalui gambar dan kolese dari masing masing provisi. Yang menghasilkan rencana aksi dan suara anak Indonesia yang akan dibacakan didepan Presiden.

Jum’at 22 Juli 2016
Untuk hari ini jadwal nya sangat menyenangkan teman-teman tau kenapa? Karena hari ini jadwalnya full dengan outbon dari pagi hingga siang hari, tetapi untuk jadwal outbon kita dibagi dua gelombang , gelombang petama untuk provinsi daerah barat dan glombang ke dua untuk provinsi daerah timur , karena provinsi Jawa Barat berada di bagian barat akhirnya kami mengikuti outbon sesi pertama dari pagi sampai menjelang sholat jum’at , pada saat outbon kami diharuskan membuat grup agar bisa berbaur dengan seluruh peserta yang mengikuti acara ini. Setelah acara outbon selesai kami bergegas untuk pergi sholat jum’at di masjid terdekat. Selesai sholat jum’at kami semua beristirahat dikamar masing-masing hingga sore, tetapi istirahat kali ini tidak saya gunakan sepenuhnya untuk beristirahat, karena saya dan tiga teman saya tergabung dalam Tim robotik yang mewakili seluruh anak yang menjadi peserta FAN 2016 diharuskan menyiapkan bahan presentasi untuk ditampilkan disalah satu stand pada acara Hari Anak Nasional 2016, setelah persiapan kami selesai dan survei tempat sudah beres, Kami langsung bergabung dengan teman teman kami yang berada di ballroom yang sedang mengadakan acara penutupan. Engga kerasa ya teman-teman.. acaranya udah beres saja, tapi tenang teman-teman masih ada acara besok untuk memperingati puncak acara Hari Anak Nasional 2016 di Taman Sangkareang.

Sabtu 23 Juli 2016
Hari ini sangat meriah sekali acaranya teman-teman, dikarenakan Presiden akan datang yang di wakili oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. dan hadir pula Menteri yang menaungi Forum Anak Nasional itu sendiri adalah Menteri PP dan PA , selama acara berlangsung saya tidak berada di depan panggung bersama teman-teman lainnya dikarnakan saya harus menjaga dan menyiapkan stand robotik, tetapi saya tetap bisa melihat semua kegiatan karena stand robotik tidak jauh dari panggung utama. Acara yang ditunggu-tunggu pun datang akhirnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan beserta jajaran pemerintahan lainnya berkeliling meliha satu persatu stand aya ada, dan akhirnya stand robotik pun dikunjungi oleh para Menteri dan jajaran pemerintahan lainnya. kami pun mempresentasikan hasil dari belajar singkat kami tentang robotik yang mengenai perasan robotik dikehidupan sehari-hari. Selesai sudah acara FAN dan HAN 2016 , itulah pengalaman saya diacara tersebut semoga saya masih bisa berpartisipasi diacara FAN dan HAN berikutnya aamiin.

Ini ada sedikit kesan dan pesan dari acara kemarin nih..
Untuk kesan dan pesannya selama mengikutin acara FAN dan HAN 2016 di Mataram, perasaan saya sangat senang sekali bisa mengikuti acara ini, karena disana kita bisa mendapat cerita, pengalaman dan teman baru dari seluruh daerah Indonesia, pokonya kami semua tidak pernah menyesal mengikuti acara FAN dan HAN 2016 ini. Dan ada sedikit pesan nih untuk teman-teman yang telah mengikuti acara ini, jangan sampai setelah acara ini selesai kita hanya diam saja, mari kita bangkitkan semangat anak-anak Indonesia untuk mewujudkan Indonesia layak anak, dan ada pesan lagi untuk teman-temen yang belum bisa mengikuti acara ini, jangan patah semangat terus berjuang masih banyak kesempatan yang kita bisa raih. Harapan setelah ikut acara ini semoga tahun depan saya masih bisa berpartisipasi untuk acara FAN dan HAN selanjutnya, aamiin.

 

Kirim Cerita Kegiatan Forum Anak Kamu ke
Sekre.fan@gmail.com

Leave a Reply

Required fields are marked*