Lima Distrik di Jayapura Lantik Forum Anak

Lima Distrik di Jayapura Lantik Forum Anak

JAYAPURA, NETRALNEWS.COM – Sebanyak lima distrik di Kota Jayapura, Provinsi Papua, telah membentuk dan melantik forum anak setelah forum serupa di tingkat kota setempat terbentuk, kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Jayapura Betty Puy.

“Pada Jumat (26/8/2016) kemarin, masing-masing distrik, yakni lima distrik yang ada telah melantik forum anak tingkat distrik, forum ini dibentuk dan didampingi oleh Wahana Visi Indonesia (WVI) Area Port Numbay mereka dibina dan sudah diilantik,” katanya di Jayapura, Rabu (31/8/2016).

Dia menjelaskan melalui forum anak tingkat distrik itu ada kewajiban mereka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) anak-anak di tingkat kampung.

Ia mengharapkan secara berjenjang forum tersebut dibentuk untuk tingkat kelurahan dengan harapan anak-anak mulai berani merencanakan kepentingannya di Kota Jayapura.

“Jadi, selain kita dari forum anak Kota Jayapura wajib mempersiapkan SDM dari tiap-tiap distrik, mereka yang dari tiap distrik ini juga harus wajib membentuk dan mempersiapkan SDM anak-anak kita yang ada di tingkat kelurahan dan kampung,” ujarnya.

Ia mengatakan perencanaan kepentingan anak-anak itu bisa disalurkan lewat musrenbang, musyawarah kelurahan, maupun musyarwarah kampung yang dilakukan di setiap distrik di Jayapura.

Ia menjelaskan tentang tugas penting forum anak yang untuk memfasilitasi hak-hak anak.

“Salah satunya apa sih hak anak itu diceritakan oleh anak itu tetapi juga ada hal-hal baik terkait dengan kesehatan reproduksi anak-anak,” katanya.

Berbagai hal lain terkait dengan perilaku yang baik bisa disampaikan melalui forum anak itu.

“Selain kesehatan reproduksi, dampak minuman keras, dampak dari merokok apa itu menjadi teman bercerita kepada yang lain tetapi mereka harus lewat forum yang ada,” ujarnya.

Betty mengatakan pembentukan forum anak mengacu pada kebijakan mantan Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano bahwa kota itu menuju kota layak anak sehingga pada Desember 2015 Forum Anak Kota Jayapura dilantik kemudian menyusul dengan pembentukan forum anak di tingkat distrik.

Leave a Reply

Required fields are marked*