Peningkatan Kapasitas Forum Anak Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau Tahun 2017

Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti (FAM) mengadakan peningkatan kapasitas Forum Anak Daerah pada tanggal 4 – 6 Juni 2017. Pada kesempatan tersebut saya berkesempatan mendampingi Bapak Mulyono sekalu Kepala Bidang Partisipasi Anak KPPPA. Pelaksanaan kegiatan kami lakukan dengan menggunakan berbagai macam metode diantaranya ceramah, tanya jawab, diskusi umum, diskusi kelompok, simulasi PAPP dan aktivitas luar ruang. Bapak Mulyono memberikan materi seputar Konvensi Hak Anak dan Partisipasi Anak. Sedangkan saya bertugas untuk menyampaikan materi seputar partisipasi anak dan Forum Anak.

Hari pertama kegiatan diisi dengan ice breaking dan pre-test. Pre-test digunakan untuk melakukan pemetaan terhadap pemahaman anak menganai dasar-dasar konvensi hak anak. Kegiatan selanjutnya adalah materi mengenai konvensi hak anak yang disampaikan oleh Bapak Mulyono. Materi konvensi hak anak ditutup dengan diskusi kelompok untuk lebih meningkatkan pemahaman anak mengenai dasar konvensi hak anak. Kegiatan dilanjutkan dengan materi seputar partisipasi anak dan Forum Anak. Materi partisipasi anak disampaikan oleh Bapak Mulyono dan saya sendiri menyampaikan materi tentang forum anak. Peserta terlihat antusias dalam menerima materi yang disampaikan seputar KHA, Partisipasi anak dan Forum Anak. Hal tersebut dapat dilihat dari sesi tanya jawab yang mendapatkan banyak perhatian dari peserta. Hari pertama ditutup dengan materi dan diskusi kelompok mengenai peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P).

 

Gambar 2.  Bapak Mulyono dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sedang menyampaikan materi

 

Kegiatan hari kedua diisi dengan simulasi musrenbang sesuai peran forum anak dalam menjalankan partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan (PAPP). Sesi pertama adalah pra-musrenbang, dimana peserta diminta membuat usulan atas nama Forum Anak yang akan ditujukan kepada stakeholder. Peserta bermain peran (roleplay) mewakili kelompok-kelompok kegiatan anak yang terdiri dari anak berhadapan dengan hokum, anak berkebutuhan khusus, OSIS, ROHIS, sanggar seni, klub olahraga, dan lain-lain. Usulan yang dihasilkan dalam forum pra-musrenbang kemudian disampaikan dalam forum simulasi musrenbang. Peserta kembali bermain peran sebagai Bupati, Kepala SKPD, dan stakeholder lainnya. Melalui simulasi PAPP ini diharapkan peserta mampu menganalisis kebutuhan sebelum terlibat dalam kegiatan Musrenbang.

Kegiatan peningkatan kapasitas Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti ini ditutup dengan pengukuhan kepengurusan Forum Anak yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kepualauan Meranti. Kegiatan pengukuhan dilaksanakan di Pendopo kabupaten Kepulauan Meranti. Secara keseluruhan kegiatan peningkatan kapasitas Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti berjalan lancar. Peserta terlihat aktif dalam diskusi kelompok maupun dalam sesi tanya jawab. Melalui kegiatan ini diharapkan Forum Anak kabupaten Kepulauan Meranti memiliki pemahaman mengenai pemenuhan hak anak terutama dalam pemenuhan hak partisipasi anak melalui Forum Anak.

Gambar 3. Diskusi kelompok

 

 

Oleh : Fadhil Muhammad Pradana

Leave a Reply

Required fields are marked*