PENINGKATAN KAPASITAS FORUM ANAK PROVINSI KALIMANTAN UTARA 2017

PENINGKATAN KAPASITAS FORUM ANAK PROVINSI KALIMANTAN UTARA 2017

Tanjungselor, 7 – 9 Agustus 2017

 

Pada tanggal 7 – 9 Agustus 2017, Forum Anak Provinsi Kalimantan Utara mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas Forum Anak sekaligus reorganisasi kepengurusan Forum Anak Provinsi Kalimantan Utara periode tahun 2017-2019. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari perwakilan 4 Kabupaten dan 1 Kota se Provinsi Kalimantan Utara. Peserta kegiatan ini tampak antusias dari hari pertama hingga berakhirnya kegiatan di tanggal 9 Agustus 2017. Asisten Deputi bidang Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak KPP-PA RI, Drs. Dermawan, M.Si turut hadir untuk memberikan materi seputar Konvensi Hak Anak (KHA) dan peran Forum Anak sebagai pelopor dan pelapor. Materi yang disampaikan oleh Bapak Dermawan ini diawali dengan sesi curah pendapat. Peserta diminta tanggapannya seputar fenomena social yang terjadi terhadap anak yang divisualisasikan dalam bentuk gambar. Sesi ini mendorong peserta untuk turut aktif dalam menyampaikan pandangannya di depan umum. Selanjutnya Bapak Dermawan melanjutkannya dengan sesi materi dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Gambar 2. Diskusi Kelompok Materi Sesi 01

 

Siang hari setelah peserta mendapatkan pemahaman seputar Forum Anak, kegiatan dilanjutkan dengan reorganisasi Forum Anak Provinsi Kalimantan Utara dan penyusunan suara anak Provinsi Kalimantan Utara. Pada sesi ini saya berkesempatan untuk berperan sebagai fasilitator dalam mendampingi peserta memilih ketua dan pengurus baru Forum Anak Kalimantan Utara. Sesi ini diawali dengan materi seputar struktur dan tugas pengurus Forum Anak sesuai dengan panduan pengembangan Forum Anak yang ditetapkan oleh KPP-PA RI. Pada sesi ini diharapkan peserta dapat memahami perannya sebagai bagian dari pengurus Forum Anak. Kemudian, fasilitator mendampingi peserta untuk masuk ke sesi harapan dan kekhawatiran. Sesi ini mengajak peserta untuk melihat masalah yang mungkin akan terjadi dalam kepengurusan mendatang, sekaligus untuk mencari solusi dari kekhawatiran tersebut. Selanjutya peserta dibagi ke dalam tiga kelompok besar untuk menentukan struktur kepengurusan Forum Anak Provinsi Kalimantan Utara, yang dilanjutkan dengan sesi presentasi. Pada sesi ini peserta telah menjalankan tugasnya dengan baik untuk melakukan diskusi kelompok dan telah menghasilkan struktur kepengurusan (divisi-divisi) Forum Anak Provinsi Kalimantan Utara yang disesuaikan dengan permasalahan dan karakter daerahnya. Kemudian, fasilitator mendampingi peserta untuk menuliskan kriteria ketua Forum Anak Provins Kalimantan Utara. Penulisan kriteria ini akan bermanfaat dalam pemetaan potensi dan bakat minat anak untuk mencalonkan diri sebagai ketua Forum Anak. Peserta kemudian diberikan waktu untuk menuliskan kekuatan dan kelemahannya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan disepakati. Pemetaan kekuatan dan kekhawatiran ini akan membantu anak dalam mengukur kemampuan dirinya untuk mencalonkan diri sebagai ketua Forum Anak. Setelah berakhir sesi kekuatan dan kelemahan, fasilitator meminta peserta untuk mengajukan diri sebagai calon ketua pengurus Forum Anak Kalimantan Utara. Setelah terpilih ketua yang baru, maka formatur yang telah terbentuk kemudian menyusun kepengurusan Forum Anak Provinsi Kalimantan Utara sesuai dengan struktur yang telah disepakati bersama sebelumnya. Sesi sore itu ditutup dengan penyusunan suara anak provinsi yang dipimpin oleh Ketua Forum Anak Kalimantan Utara yang baru tanpa adanya intervensi dari orang dewasa.

Sesi yang melelahkan itu berakhir manis ketika malam harinya setiap delegasi dari Kabupaten/Kota menampilkan pertunjukan seni yang menarik dan menghibur seluruh peserta yang hadir. Ada yang menampilan tarian daerah, drama musikal, puisi, dan lain-lain. Malam itu kami yang hadir juga dibuat terhibur dengan penampilan Bapak Dermawan yang tampil membawakan gitar dan menyanyikan lagu buatannya sendiri. Malam itu kegiatan ditutup dengan ramah tamah.

 

Gambar 3. Diskusi Kelompok Sesi 02

 

Oleh : Fadhil Muhammad Pradana

Leave a Reply

Required fields are marked*