Pembentukan Forum Koordinasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran 2017

Perwakilan Sekertariat Forum Anak Nasional dan Pengurus Forum Anak Nasional kembali mendapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam pertemuan forum koordinasi percepatan kepemilikan akta kelahiran yang diselenggarakan oleh Asdep Hak Sipil, Informasi Dan Partisipasi Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPP-PA).

 

Gambar 2. Bapak Dermawan , selaku Asisten Deputi Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak sedang menyampaikan informasi

 

Sayangnya agenda ini tidak berjalan sesuai dengan harapan. Dikarenakan narasumber (Kemendagri) pada pertemuan ini tidak dapat hadir. Kemudian Asdep Hak Sipil, Informasi Dan Partisipasi Anak, Pak Dermawan memimpin diskusi yang berjalan hanya setengah hari.

Hasil dari diskusi ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk kemudian dipertimbangkan dalam RPJMN berikutnya, kemudian berbagai catatan yang disampaikan pun akan menjadi laporan kepada Mentri. Pertemuan ini adalah kali ketiga, dimana sebelumnya sudah membuat MoU antara delapan terkait.

 

Gambar 3. Sesi tanya jawab

 

 

Output dari agenda ini untuk menguatkan kembali komitmen dari forum koordinasi percepatan kepemilikan akta anak Indonesia saat ini.  Berikutnya, masing-masing peserta diminta untuk memberikan data terkait kepemilikan akta kelahiran sesuai dengan kapasitasnya termasuk pula dengan Sekertariat Forum Anak Nasional.

Sekertariat Forum Anak Nasional diber tugas untuk mendata kepemilikan akta dikalangan anggota forum anak yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, pengurus Forum Anak Nasional pun diminta kerjasamanya untuk tetap fokus pada fungsinya sebagai pelopor dan pelapor terkait kepemilikan akta kelahiran.

Sementara untuk agenda evaluasi dari forum koordinasi ini akan dilaksanakan setelah pertemuan keempat.

 

Gambar 4. Ayu Amel (Perwakilan Forum Anak Nasional) dan Mulyani Pratiwi (Perwakilan Sekretariat Forum Anak Nasonal) sedang mendengarkan informasi dari narasumber

 

 

Created By : Mulyani Pratiwi SW

Leave a Reply

Required fields are marked*