Dibalik Alunan Melody Jingle Forum Anak Nasional

 

Biodata

Nama                           : Owens Lingga

Tanggal Lahir            :  13 Oktober 1999

Alamat                        : Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Forum Anak               : Forum Anak Sikamali Toraya

Nama Orang Tua      :

Ayah                : Markus Lingga

Ibu                   : Dortje Pagorai

 

Owens Lingga adalah anggota forum anak aktif di Tana Toraja. Beliau pernah menjabat menjadi pengurus Forum Anak Sikamali’ Toraya pada tahun 2015 -2016. Owens pernah mewakili Tana Toraja ke Forum Anak Nasional 2015 di Bogor dan Forum Anak Nasional 2016 di Mataram. Selain di Forum Anak Sikamali’ Toraya, Owens juga aktif dalam kegiatan  Forum Anak Sulawesi Selatan. Kepandaiannya bermain musik serta mampu memahami masalah anak di lingkungannya membuat anak-anak Sulawesi Selatan memilih dia menjadi Wakil Ketua Forum Anak Sulawesi Selatan tahun 2016/2017.

Owens, panggilan akrab dia dikalangan teman-temannya. Ia mulai dikenalkan musik oleh orang tuanya sejak kecil. Tahun 2004 merupakan tahun pertama dia mencoba memainkan alat musik sehingga membuat ia sampai saat ini cinta dan sangat senang dengan musik. Hal ini dibuktikan dengan bakat dia bermain banyak alat musik. Beberapa alat musik yang bisa ia mainkan adalah keyboard, gitar, biola, bass, drum, cajon, dan masih banyak lain. Selain alat musik modern , ia juga pandai  memainkan gendang tradisional Toraja. Hal ini dibuktikan ketika dia memainkan gedang tradisional menyambut kunjungan kepresidenan di masa Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Tana Toraja di tahun 2014 lalu.

 

 

 

Prestasi didunia musikpun sudah tidak diragukan lagi. Beliau pernah menjadi Juara I sebanyak 5 kali berturut-turut dalam 5 tahun pada Lomba Akustik dan Band antar Pelajar se Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Selain itu dia juga menjadi salah satu pemain musik gereja yang aktif.Berkat kepandaiannya bermain musik, Kak Treatment M Kabanga selaku fasilitator Forum Anak Sikamali’ Toraya mendorongan dan motivasi beliau menciptakan lagu Jingle Forum Anak Nasional.

 

 

Lagu tersebut dia ciptakan agar anak-anak Indonesia tetap menjalin rasa persaudaraan dalam semangat gotong royong dan kebhinekaan. Dalam lagu tersebut pula terselip beberapa pesan agar anak Indonesia tetap menjadi Pelopor dan Pelapor , selalu gembira, menghargai sesama tanpa diskriminasi, dan beberapa pesan lainnya. Lagu ini juga dia ciptakan dan persembahkan kepada anak-anak Indonesia agar terus berprestasi menjadi tongkat estafet bangsa ini.

Selain menciptakan lagu Jingle Forum Anak Nasional, ia juga menjadi Juara 2 Jingle Adaptasi Perubahan Iklim Fokus Anak (APIFA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bekerjasama dengan UNICEF Indonesia.

Karena bagi dia dan seluruh anak Indonesia “Benih-benih hari ini adalah bunga-bunga bangsa dihari esok yang akan menjadi tunas harapan bangsa”

 

 

Penulis : Treatment M Kabanga

 

 

 

 

 

 

Lirik Jingle Forum Anak Nasional

Karya : Owens Lingga

BERSAMA KITA SEJENAK BERNYANYI BERSAMA

BERTEPUK TANGAN BERSUKA RIA

SELAMAT DATANG SEMUA DI FORUM ANAK NASIONAL

YUK SEMUA BERGEMBIRA

 

KITA SEMUA HARUS JADI PELOPOR DAN PELAPOR

BERBEDA TAK JADI MASALAH YANG TERPENTING KITA SLALU BERSATU

 

KITA SEMUA ANAK-ANAK YANG HEBAT

YANG BERSINAR TERANGI INDONESIA

DIMANA PUN DAN KAPAN PUN

WALAUPUN KITA SEMUANYA BERBEDA

TETAP JAGA KEUTUHAN INDONESIA

KITA SEMUA BERSAUDARA DI FORUM ANAK NASIONAL

 

Leave a Reply

Required fields are marked*