Penyusunan KIE KHA Klaster III ( Hak Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan )

Bertempat di Hotel Morrissey Jakarta pada tanggal 1 November 2017 , kali ini Sekretariat Forum Anak Nasional yang diwakili oleh Treatment M. Kabanga, Mufid Muhammad Alfayid dan Egidius Arya Parande menghadiri acara penyusunan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Klaster III mengenai hak kesehatan dasar dan kesejahteraan. Acara ini dihadiri dari beberapa instansi seperti kementerian kesehatan, BPOM,

Acara dibuka oleh Bapak Jamal dari KPPPA, setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan terkait pentingnya penyusunan KIE yang ramah anak oleh Bapak Udin. Pada pemaparannya Bapak Udin menjelaskan “Ketika KIE ini dibuat sangat perlu melibatkan anak dalam prosesnya “. Hal itu dikarenakan target dari KIE ini adalah anak.

Lalu, pemaparan dilanjutkan oleh Dokter Chandra yang membahas mengenai pokok-pokok materi dari KIE Klaster III ini. Disana kita juga membuat gerakan-gerakan kecil dalam memperagakan prinsip-prinsip KHA yang terdiri dari non diskriminasi; kepentingan yang terbaik bagi anak; kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang; mendengar pandangan anak. Setelah itu kita masuk di diskusi yang di damping oleh Mba Roganda terkait pelibatan anak dalam pembuatan KIE. Dan ternyata sudah ada instansi yang sudah melibatkan anak dalam pembuatan KIE. Di kemenkes contohnya, anak-anak pramuka di libatkan untuk membuat KIE seperti poster. Bentuk pelibatannya sendiri, anak diberikan kebebasan dalam mendesign posternya. Dan ternyata hasilnya jauh bisa lebih diterima oleh targetnya yaitu anak.

Beranjak ke pemaparan selanjutnya yaitu pemaparan hasil survey yang diisi oleh anak terkait gizi seimbang. Kali ini Mba Vita yang menjelaskan hasil surveynya. Total responden dari hasil survey sekitar 500 anak dari 33 Provinsi, sayang sekali satu provinsi belum bisa berpartisipasi. Dan didalam survey tersebut, ternyata saat ini anak lebih suka informasi yang disajikan dalam bentuk infografis, video berseri berdurasi pendek dan buku cerita bergambar. Di era saat ini pun social media menjadi media tertinggi diakses oleh anak, salah satunya instagram.

Acara kali ini berakhir pada pukul 15:30 WIB. Dan ditutup oleh bapak Jamal. Dari pertemuan ini menghasilkan, penetapan jenis KIE yang akan dibuat  dan mengagendakan pertemuan dengan anak terkait pembuatan KIE ini.

Leave a Reply

Required fields are marked*