Forum Koordinasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak

Dalam rangka menindaklanjuti pertemuan Forum Koordinasi Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran Anak ke III, Sekretariat Forum Anak Nasional (SFAN) yang diwakilkan oleh Mufid Muhammad Alfayid menghadiri acara yang bertempat di Hotel Redtop, Jakarta Pusat pada hari Rabu tanggal 13 Desember 2017.


Forum koordinasi percepatan kepemilikan akta kelahiran anak dibuka oleh Deputi Menteri PP-PA Bidang Tumbuh Kembang Anak yang diwakilkan oleh bapak Darmawan selaku Asdep pemenuhan hak sipil, informasi dan partisipasi anak. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan oleh Bapak Darmawan mengenai capaian pelaksanaan MoU dan rencana tindak lanjut percepatan kepemilikan akta kelahiran. Didalam pemaparan dijelaskan bahwa didalam UU No. 12 Tahun 2005 diatur “Setiap anak harus didaftarkan segera setelah kelahirannya dan harus memperoleh suatu kewarganegaraan”. Selain itu, dijelaskan juga mengenai pentingnya akta kelahiran antara lain: mendukung reunifikasi keluarga saat keadaan bencana; hak waris; alat bukti usia dalam perkara criminal; memberikan informasi untuk penyusunan kebijakan yang efektif, seperti penyediaan layanan pendidikan dan kesehatan. Beliau menekan pula bahwa tahun 2019 kepemilikan akta kelahiran menjadi prioritas.

Setelah Pak Darmawan, pemaparan dilanjutkan oleh Bapak Sakaria perwakilan dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri. Beliau memaparkan mengenai tantangan dan hambatan implementasi Permendagri No.9 Tahun 2016 tentang percepatan kepemilikan akta kelahiran anak. Beliau menyampaikan bahwa ada kebijakan baru terkait adminduk yang dimana salah satunya untung mengurus KTP-el dan Akta Kelahiran tanpa pengantar RT,RW,Kel/Desa. Dan untuk target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional ) tahun 2019, 85% anak memiliki akta kelahiran.
Tepat pukul 12.30, masuk pada waktu ishoma. Dan kegiatan dilanjut pukul 14.00 dengan diskusi kelompok. Pada diskusi kelompok masing-masing kelompok diminta memetakan capaian 2017 dan yang akan dilakukan 2018 terkait percepatan kepemilikan akta kelahiran.

Acara kali ini berakhir pukul 15.00 yang ditutup langsung oleh bapak Darmawan. Dari pertemuan ini menghasilkan matriks kegiatan dari kementerian dan lembaga terkait percepatan kepemilikan akta kelahiran.

Leave a Reply

Required fields are marked*