PENGANUGERAHAN TUNAS MUDA PEMIMPIN INDONESIA TAHUN 2017

TMPI 2017

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan kegiatan pemilihan anak-anak Indonesia yang memiliki sifat kepemimpinan. Kegiatan tersebut diberi nama penerima anugerah Tunas Muda Pemimpin Indonesia (TMPI). Program TMPI merupakan salah satu bentuk fasilitas pemerintah dalam mempersiapkan kader-kader pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Komitmen pemerintah tersebut merupakan implementasi dari amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tenting Perlindungan Anak, dan sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 04 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kebijakan Partisipasi Anak dalam Pembangunan.

Pemilihan calon penerima anugerah TMPI ini sangat penting dan relevan terutama karena banyaknya fakta yang menunjukkan bahwa banyak orang yang saat ini menjabat sebagai pimpinan, ketua organisasi, atau kepala unit kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya dan bahkan dalam skala kecil kepala rumah tangga tetapi mereka tidak menunjukkan jiwa, keteladanan, semangat dan prilaku kepemimpinan yang bisa diteladani oleh anak-anak. Bila hal ini berlangsung dalam waktu yang lama maka tidak tertutup kemungkinan bangsa Indonesia akan mengalami krisis datau kekurangan pemimpin berkualitas, yang ada hanya orang-orang yang menjadi pemimpin karena faktor keberuntungan, koneksitas, senioritas, dan alasan irasional lainnya.

Pemilihan calon penerima anugerah TMPI merupakan kegiatan yang dinamis sehingga walaupun persyaratan dasaranya bagi pemimpin muda relatif sama namun substansi yang dikembangkan sesuai dinamika pembangunan di bidang anak dan kebutuhan untuk menjawab tantangan di masa yang akan datang. Dengan demikian maka ruang lingkup dan substansi yang dinilai menyesuaikan dinamika sifat kepemimpinan sesuai perkembangan zaman.

Menanggapi karakter kepemimpinan yang dibutuhkan di masa sekarang dan masa depan maka parameter yang dikembangkan dalam penilaian menyesuaikan karakter kepemimpinan yang diharapkan.

Mengingat definisi dan ruang lingkup kepemimpinan anak yang sangat unik dibandingkan kepemimpinan pada umumnya, maka dalam proses pemilihan calon anugerah TMPI, karakter kepemimpinan yang dijadikan tolok ukur adalah dalam hal pengenalan diri (konsep diri), pengenalan lingkungan sosial, ketrampilan sosial, daya tahan emosi, kerja keras, inovasi, dan kreatifitas, dan sikap disiplin yang berhasil dilakukan anak-anak terhadap diri mereka sendiri dan orang lain di sekitarnya. Kemampuan mengidentifikasi diri dan lingkungan sekitarnya; kemampuan bernalar yang obyektif, adil, dan jujur; pemahaman wawasan dan nilai-nilai luhur bangsa; semangat nasionalisme dan hid dalam keberagaman; serta prestasi akademik juga menjadi dasar penilaian program pemilihan calon penerima anugerah TMPI.

Dengan pertimbangan tersebut di atas, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengharapkan dapat memperoleh data kondisi anak-anak Indonesia berdasar sudut pandang, pendapat, dan kemampuan anak sendiri tanpa campur tangan orang dewasa.

Dalam melaksanakan program tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerja sama dengan berbagai lembaga yang peduli terhadap pemenuhan hak tumbuh kembang dan perlindungan anak, dan memandang perlu secara berkelanjutan menyelenggarakan kegiatan pemilihan calon penerima anugerah TMPI sebagai bagian upaya memenuhi hak-hak anak terutama hak untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Yuk daftarkan dirimu dan jadilah bagian dari Tunas Muda Pemimpin Indonesia Tahun 2017.

TMPI 2017

TOR KEGIATAN

CONTOH FORMAT LAMPIRAN

CONTOH BERKAS