Reorganisasi Kepengurusan Forum Anak Jawa Timur 2021/2022

Reorganisasi Kepengurusan Forum Anak Jawa Timur 2021/2022

By: admin jawa timur

Halo, Anak Indonesia! 👋 Apa kabar? Semoga kita semua sehat selalu ya! Karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang anak-anaknya sehat jiwa dan raganya 😀

Teman-teman, setiap anak berhak untuk mendapatkan haknya sebagaimana tercantum dalam peraturan perundang-undangan yang ada. Salah satu hak anak adalah hak untuk berpartisipasi. Hak untuk berpartisipasi yang dimaksud di sini, lebih spesifik lagi adalah berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia. Artinya, anak berhak untuk ikut serta mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan atau proses pembangunan di Indonesia.

Salah satu wadah yang tersedia bagi anak untuk mendapatkan hak partisipasinya adalah melalui wadah Forum Anak. Wadah Forum Anak memberikan kesempatan bagi setiap anak untuk belajar menyampaikan pendapat, menyuarakan aspirasi dan apa yang menjadi kebutuhannya.

Selain itu, Forum Anak juga merupakan wadah yang paling ideal bagi anak untuk belajar bagaimana berorganisasi. Keterampilan berorganisasi menjadi salah satu bekal yang sangat penting bagi pertumbuhan fisik dan perkembangan mental anak. Proses belajar di organisasi merupakan proses alamiah yang bisa membuat anak untuk semakin mengenali bakat dan minatnya.

Instrumen penting dalam organisasi adalah pengurusnya atau lebih sering disebut dengan sumber daya manusia yang berada di dalamnya. Selain tercapainya apa yang menjadi tujuan organisasi tersebut, terbina insan dan pengurus yang berkualitas menjadi satu poin keberhasilan sebuah organisasi. Setiap masa baktinya, selalu ada pergantian pengurus bagi organisasi. Jika sudah tiba pada masanya, tentu saja setiap organisasi harus melakukan reorganisasi atau perekrutan anggota baru sebagai wujud nyata dari kaderisasi.

Nah, sebagaimana pemilihan pengurus yang telah dilaksanakan dalam kepengurusan Forum Anak Jawa Timur, ada beberapa tahap seleksi dalam pemilihan kepengurusan, proses seleksi diawali dengan pemilihan 3 delegasi dari Forum Anak Kab/kota di Jawa Timur untuk mengikuti seleksi administrasi dengan mengisi formulir pendaftaran serta portofolio sebagai calon pengurus Forum Anak Jawa Timur. Pada tahap ini, dipilih 2 pengurus Forum Anak Kabupaten/Kota yang akan lanjut mengikuti seleksi calon pengurus Forum Anak Jawa Timur di tahap wawancara.

Di tahap wawancara, diambil masing-masing 1 perwakilan dari setiap Kab/Kota di Jawa Timur yang nantinya dipastikan menjadi pengurus Forum Anak Jawa Timur periode 2021-2022. Lalu, 36 pengurus yang terpilih diseleksi kembali untuk menjaring 6 besar, guna menentukan calon pengurus inti Abhinaya Jagadhita.

Penjaringan 6 besar ini dilakukan dengan membagi 36 pengurus ke dalam 3 kelompok guna mengikuti seleksi Leaderless Group Discussion (LGD). Dalam LGD, setiap kelompok diminta untuk menganalisis isu permasalahan di Jawa Timur sesuai dengan klaster yang ditentukan oleh fasilitator Forum Anak Jawa Timur. Dari setiap kelompok, dipilih 2 pengurus yang menjadi 6 besar calon pengurus inti Forum Anak Jawa Timur periode 2021-2022.

Enam pengurus yang terpilih, diseleksi kembali menjadi 3 besar yang akan menjadi pengurus inti Abhinaya Jagadhita. Seleksi 3 besar dilakukan dengan pemaparan rancangan program kerja dan deep interview oleh fasilitator dan pengurus inti Forum Anak Jawa Timur periode 2020-2021. Seleksi ini bertujuan untuk mengetahui rancangan aksi yang akan dilakukan serta mengenal lebih dalam kepribadian calon pengurus inti.

Tiga pengurus inti yang terpilih atau Tri Jagadhita kemudian diminta untuk membuat video perkenalan diri, penyampaian visi misi, serta harapan untuk Forum Anak Jawa Timur ke depannya, yang kemudian diunggah ke akun Instagram Forum Anak Jawa Timur, lho!

Rangkaian kegiatan terakhir dalam seleksi pengurus Forum Anak Jawa Timur periode 2021-2022 adalah musyawarah besar pemilihan ketua Forum Anak Jawa Timur periode 2021-2022. Musyawarah besar diawali dengan pemaparan rancangan program kerja oleh masing-masing pengurus terpilih di hadapan seluruh pengurus Abhinaya Jagadhita, dalam waktu yang telah ditentukan. Lalu, seluruh pengurus Abhinaya Jagadhita berdiskusi guna menyiapkan pertanyaan untuk setiap calon pengurus. Selama diskusi berlangsung, Tri Jagadhita diminta untuk menunggu di breakout room. Setelah pertanyaan siap, ketiga calon ketua Forum Anak Jawa Timur secara bergantian kembali ke main room guna menjawab tiap pertanyaan dari pengurus Abhinaya Jagadhita. Dari musyawarah besar ini, ditetapkan bahwa Afina Karima dari Forum Anak Kota Surabaya sebagai Ketua Umum, Anindita Primasanti Sugito dari Forum Anak Kabupaten Bojonegoro sebagai Wakil Ketua 1, dan Adryan Putra Wiranata dari Forum Anak Kabupaten Nganjuk sebagai Wakil Ketua 2 Forum Anak Jawa Timur Periode 2021-2022 atau lebih dikenal sebagai angkatan Abhinaya Jagadhita.

Maka dari itu, menjadi sangat penting bagi organisasi atau wadah Forum Anak untuk melakukan perekrutan pengurus baru dalam setiap masa baktinya, hal ini bertujuan untuk mengetahui serta mengukur kemampuan calon pengurus baru serta bertujuan agar anak dalam setiap generasinya secara representatif dapat memberikan partisipasinya dalam pembangunan di Indonesia.

Terima kasih ya sudah membaca artikel mengenai Reorganisasi Forum Anak Jawa Timur, sampai jumpa! 👋

Forum Anak Jawa Timur. Su, su, su, suangar rek! 🙌


0 Komentar untuk Reorganisasi Kepengurusan Forum Anak Jawa Timur 2021/2022

login untuk komentar