ROAD SHOW ANAK DAERAH KABUPATEN BEKASI BERSAMA OPD KABUPATEN BEKASI

ROAD SHOW ANAK DAERAH KABUPATEN BEKASI BERSAMA OPD KABUPATEN BEKASI

By: persatuan remaja dan anak kabupaten bekasi

Laporan Kegiatan Audiensi/Road Show Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi 2024
Bersama Organisasi Perangkat Daerah/OPD Kabupaten Bekasi
 
Hari/Tanggal : Selasa, 28 Mei 2024
Tempat : 1. Dinas Kesehatan
​    2. Kementrian Agama
​    3. PT. Kayaba Indonesia
​    4. POPTI Cabang Bekasi Raya
Waktu : 08.00 WIB s.d. selesai
Topik : Menjalin Kerjasama Antara Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi dengan Organisasi Daerah/OPD Kabupaten Bekasi.
Peserta : Para Dinas Terkait Beserta Forum Anak Daerah di hadiri oleh :
- Rahmawati, M.Pd selaku Pendamping Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi
- Marsya Bunga Kamiliya selaku Ketua Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi
- Ayudya Putri Pringgodani selaku Anggota Kluster 3 (Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan)
- Nakeisha Divya selaku Anggota Kluster 4 (Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang, dan Seni Budaya)
 
A. LATAR BELAKANG
1. Peningkatan Kualitas Hidup Anak: Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak di daerah. Dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian dari berbagai organisasi daerah, forum anak dapat lebih efektif dalam menyediakan layanan, program, dan dukungan yang diperlukan oleh anak-anak.
 
2. Pemenuhan Hak Anak: Salah satu fokus utama forum anak adalah pemenuhan hak-hak anak sesuai dengan Konvensi Hak Anak yang diadopsi oleh PBB. Kerja sama dengan organisasi daerah membantu dalam mengimplementasikan program-program yang mendukung hak anak, seperti pendidikan, kesehatan, perlindungan dari kekerasan, dan partisipasi dalam proses pengambilan keputusan.
 
3. Membangun Kapasitas Lokal: Dengan bekerja sama, forum anak dan organisasi daerah dapat membangun kapasitas lokal untuk menangani isu-isu anak secara lebih efektif. Ini termasuk pelatihan bagi para pengasuh, guru, dan pekerja sosial, serta pengembangan kebijakan lokal yang mendukung kesejahteraan anak.
 
4. Pemberdayaan Anak: Melalui kerja sama ini, anak-anak didorong untuk berpartisipasi aktif dalam proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi hidup mereka. Ini dapat berupa kegiatan konsultasi, partisipasi dalam musyawarah desa, atau keterlibatan dalam program-program komunitas.
 
5. Penguatan Jaringan dan Sinergi: Kerja sama ini memungkinkan terjalinnya jaringan dan sinergi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, komunitas lokal, dan sektor swasta. Ini menciptakan lingkungan yang lebih mendukung bagi anak-anak dan memungkinkan berbagai pihak untuk bekerja bersama dalam mencapai tujuan bersama.
 
B. TUJUAN
Adanya audiensi kali ini bertujuan melibatkan ataupun meningkatkan kerjasama organisasi daerah/OPD Kabupaten Bekasi dalam diskusi lebih lanjut mengenai program revitalisasi Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi terutama terhadap kluster terkait melalui kemitraan beberapa organisasi daerah.
 
C. NOTULENSI KEGIATAN
1. AUDIENSI BERSAMA DINAS KESEHATAN KABUPATEN BEKASI
Bersama : Ayah dr. H. Alamsyah, M.Kes
​           Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi
Dinas Kesehatan mendukung sepenuhnya kegiatan yang akan dilakukan Forum Anak demi terciptanya lingkungan yang sehat untuk Indonesia Emas 2045 dan Dinas Kesehatan serta Forum Anak Daerah Kabupaten Bekasi membuat MoU ataupun nota kesepahamana antar dua belah pihak demi terjalannya program revitalisasi kluster 3 dalam bidang Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan.
 
 
2. AUDIENSI BERSAMA DINAS KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN BEKASI
Bersama : Ayah H. Shobirin, S.Ag., M.Si
                Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bekasi
 
Kementrian Agama Kabupaten Bekasi sepenuhnya mendukung Forum Anak untuk melibatkan teman-teman yang bersekolah di bawah naungan Kementrian Agama Kabupaten Bekasi (RA, MI, MTs, dan MA).
3. ROAD SHOW KE PT. KAYABA INDONESIA
Bersama : Suherman
                Staff Bidang CSR PT. KAYABA INDONESIA
 
Mamberikan perhargaan kepada PT.KAYABA INDONESIA karena telah menjadi Sahabat Anak dan terlebih khusus telah mendukung kegiatan Aksi Peduli Thallasemia serta membuat video testimoni Aksi Peduli Thallasemia.
4. AUDIENSI KE PIHAK POPTI BEKASI RAYA
Bersama : Bunda Puspa
​           Ketua POPTI Cabang Bekasi Raya
 
Memberikan piagam penghargaan PJ. Bupati kepada pihak POPTI Cabang Kabupaten Bekasi atas partisipasi dalam kegiatan Aksi Peduli Thallasemia serta mengunjungi teman-teman hebat pejuang Thallasemia dan membuat video testimoni mengenai kegiatan Aksi Peduli Thallasemia

0 Komentar untuk ROAD SHOW ANAK DAERAH KABUPATEN BEKASI BERSAMA OPD KABUPATEN BEKASI

login untuk komentar